Stade de Lyon

Stade de Lyon
Stade de Lyon
Stade de Lyon adalah merek arena baru lainnya yang akan menjadi tuan rumah Euro 2016. Terletak 10 km ke timur dari pusat Lyon di kelompok Decines-Charpieu, stadion ini adalah salah satu bagian dari kompleks di sepanjang lebih dari 50 hektar.

Olympique Lyonnais kini memiliki tempat latihan di area luas yang juga terdapat hotel dan gedung perkantoran yang penuh dengan aktivitas bahkan jauh dari pertandingan.

Senang dengan stadion baru mereka, walikota Lyon Gerard Collomb menyatakan bahwa “mimpi akan jadi kenyataan bagi semua masyarakat Lyon” saat stadion baru selesai.

Stadion ini menggantikan Stade de Gerland yang telah menjadi kandang Lyon sejak 1950 dan menjadi tuan rumah Kejuaraan Eropa 1984 dan Piala Dunia 1998.
Stadion ini menampilkan laga pertama pada Januari 2016 saat Lyon menghadapi Troyes di Ligue 1.

Pemandangan:
Presqu’ile adalah tanah sempit antara sungai Rhone dan Saone, dan dianggap sebagai jantung kota Lyon. Presqu’ile adalah rumah tempat jalanan perbelanjaan paling populer, dari Place Bellecour hingga Place des Terreaux.

Basilika Notre-Dame de Fourviere menampilkan sisa-sisa ibukota kuno Galia dan menawarkan pemandangan indah kota, serta memperlihatkan sekilas pemandangan menakjubkan dari Pegunungan Alpen.

La Confluence adalah proyek regenerasi terbesar di Eropa dan kabupaten inovatif dari Lyon ini bisa dilihat dari perahu antar-jemput di sungai Vaporetto yang bisa dinaiki dari tepi sungai Saone di berbagai lokasi.

Lyon menawarkan banyak koleksi mural dan kini menjadi lebih mengesankan daripada di kabupaten Etats-Unis yang dekat dengan Museum Tony-Garnier Urban. Museum ini menampilkan lebih dari 20 mural besar di tempat terbuka.

Acara Terkenal:
Lyon adalah kandang bagi pelopor bioskop Auguste dan Louis Lumiere, pembuat film pertama di dunia, yang mempatenkan sinematografi mereka tahun 1895. Setiap tahun, kota ini mengadakan Fête des Lumieres yang terkenal (Festival Lampu).
 
Tim sepakbola pria Olympique Lyonnais baru-baru ini dikalahkan oleh rekan wanita mereka yang meraih gelar Prancis kedelapannya secara berturutan pada tahun 2014 dan juga dua kali menjuarai Liga Champions Wanita.

Pertandingan Berkesan:
Pada 16 Januari 2016 Lyon menandai pembukaan stadion baru dengan kesuksesan mengalahkan Troyes 4-1 di Ligue 1. Alexandre Lacazette, Rachid Ghezzal, Jordan Ferri dan Claudio Beauvue mencetak gol saat klub ini menggebrak era baru dengan cara mengesankan.

Pelatih Bruno Genesio memuji suasana megah di stadion baru, menggambarkannya sebagai ‘penuh emosi’ dan ia dan pemainnya berharap akan memiliki harapan di kandang baru mereka.

Penyisihan Grup Menonjol:
Belgia v Italia
Laga Grup E ini akan menyajikan kekuatan menyerang Belgia melawan salah satu pertahanan tua di Italia. Azzurri menjadi runner-up di Euro 2012 dan mereka tahu bahwa tim asuhan Marc Wilmots akan menjadi ancaman serius.

Belgia memiliki lini tengah kuat dengan adanya Eden Hazard dan Kevin De Bruyne dalam skuad sementara Italia terkenal keras di pertahanan. Tim mana yang akan menang di Lyon?
Stade de Lyon di Euro 2016
Stade de Lyon di Euro 2016
Informasi Stadion
Lokasi                                                :    10, Avenue Simone Veil 69150 Décines-Charpieu France
Coordinates                                      :    45°45′55″N 4°58′55″ECoordinates: 45°45′55″N 4°58′55″E
Pemilik                                              :    Olympic Lyon Group
Operator                                            :   Olympic Lyon Group
Executive suites                               :    105
Kapasitas                                           :    59,186
Record Penonton terbanyak          :    56,661 (Lyon vs Paris Saint-Germain, 28 February 2016)
Ukuran Lapangan                            :    105 × 68 metres (344 ft × 223 ft)
Permukaan                                        :    AirFibr hybrid grass [2]
Konstruksi
Broke ground                                    :    22 October 2012
Opened                                               :    9 January 2016
Biaya                                                   :    €415 million
Arsitek                                                :    Populous
Structural engineer                          :    Vinci SA
Services engineer                              :    Vinci SA
General contractor                           :    Vinci SA
Pemakai
Olympique Lyonnais (2016–present)
UEFA Euro 2016
2019 FIFA Women's World Cup

Pertandingan yang di gelar
13 Juni 21:00 – Belgium vs Italy – Group E
16 Juni 18:00 – Ukraine vs Northern Ireland – Group C
19 Juni 21:00 – Romania vs Albania – Group A
22 Juni 21:00 – Hungary vs Portugal – Group F
26 Juni 15:00 – Round of 16 – WA vs 3C/D/E
6 Juli 21:00 – Semi Final – W45 vs W46

Baca Juga :


Secuil Tentang Stade de Lyon

Stade de Lumieres atau Stade de Lyon merupakan salah satu stadion baru yang dibangun untuk perhelatan [Piala Eropa 2016](Profil Kota Piala Eropa 2016: Saint-Etienne ""). Meski begitu, pembangunan stadion yang awalnya bernama OL Land ini sempat tak berjalan mulus.

Pada 1 September 2008, Presiden Olympique Lyon, Jean-Michel Aulas, mengumumkan rencana klubnya untuk membangun stadion baru dengan kapasitas yang mencapai 60 ribu tempat duduk. Nantinya, stadion ini ak  an menggantikan Stade de Gerland yang telah menjadi kandang Lyon sejak 1950.

Proyek pembangunan stadion yang terletak di Decines-Charpieu atau 10 km sebelah timur dari pusat Kota Lyon itu pun mendapat restu dari Pemerintah Prancis, anggota dewan setempat, dan walikota Lyon, pada 13 Oktober 2008. Stadion yang bakal dibangun di atas lahan seluas 50 hektar ini memiliki fasilitas olahraga, dua hotel, pusat rekreasi, kantor-kantor komersial dan bisnis, serta terhubung langsung dengan kereta bawah tanah.


Akan tetapi, rencana pembangunan stadion ini mengalami sedikit gangguan. Masalah prosedur administrasi, kepentingan sosial, ekologi lingkungan, hingga kepentingan politik menghambat pembangunan tersebut. Kubu oposisi dikabarkan mengkritik megaproyek ini karena dinilai tak rasional mengingat Prancis tengah dilanda krisis finansial dan angka pengangguran yang terus meningkat.

Kendati sempat terhambat, proses pembangunan stadion ini tetap berjalan. Apalagi, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) telah resmi menunjuk Kota Lyon sebagai salah satu penyelenggara pertandingan Piala Eropa 2016 pada 11 November 2009. Usai melakukan groundbreaking pada 22 Oktober 2012, peletakan batu pertama dilakukan pada November 2013.

"Mimpi akan menjadi kenyataan bagi seluruh masyarakat Kota Lyon," ujar Walikota Lyon, Gerard Collomb dan Presiden Olympique Lyon, Jean-Michel Aulas, ketika meletakkan batu pertama.
Setelah memakan waktu hampir empat tahun dan menghabiskan biaya hingga 415 juta euro, Stade de Lumiere akhirnya resmi dibuka pada 9 Januari 2016. Stadion dengan kapasitas 59,186 tempat duduk tersebut mengusung de  sain perpaduan antara alam dan teknologi.

Stadion ini juga diselimuti oleh struktur atap besar yang menciptakan efek kanopi sehingga memunculkan gema seperti hutan lokal, ketika para suporter bernyanyi memberikan dukungan untuk tim kesayangan mereka. Untuk kenyamanan penonton, Stade de Lumiere memiliki fasilitas kelas dunia, mulai dari bar, ruang rapat, fasilitas dapur, ruang perjamuan, lebih dari 100 s  uite eksekutif, dan delapan lounge perusahaan.

Sebagai pemilik, Olympique Lyon mendapat kerhormatan untuk menjajal stadion yang didesain oleh perusahaan arsitektur ternama di dunia, Populous. Laga perdana yang dihelat di Stade de Lumiere adalah duel Lyon kontra Troyes dalam laga lanjutan Ligue 1 Prancis, 9 Januari 2016. Lyon pun sukses melumat Troyes dengan skor 4-1.

Selain menjadi markas Olympique Lyon, stadion ini juga menjadi kebanggan masyarakat Grand Lyon. Sebab, Stade de Lumiere akan menjadi salah satu stadion termegah di Prancis menyamai Stade de France yang pertama kali dibangun untuk pagelaran Piala Dunia 1998.

Sejumlah partai seru juga akan dihelat di Stade de Lumiere pada ajang Piala Eropa 2016. Beberapa diantaranya adalah duel Belgia kontra Italia dalam laga Grup E pada 13 Juni 2016 serta pertandingan semifinal, 6 Juli 2016.




Referensi : Wikipedia, Bola.com
Share on Google Plus

About Micky R Saputra

Micky R Saputra... Penulis Amatiran dengan Sejumlah blog. Menyukai Sepakbola seperti dia menyukai pembantu tetangga yang body mantab jaya. Pernah menulis dengan bayaran Beras Jagung dan Rempah-rempah...

0 komentar:

Post a Comment