Stade De Bordeaux

stade de bordeaux

Merek baru Stade de Bordeaux dibangun menjelang Euro 2016 dan dibuka untuk pertama kalinya pada Mei 2015. Hanya butuh 26 bulan dari awal sampai selesai dan dengan biaya €184m. Stadion ini menggambarkan “atap mengambang” berdasarkan postingan Landes-pine yang berkaitan dengan wilayah tersebut. 
Walikota Alain Juppe melukiskannya sebagai “karya seni yang akan memperkaya warisan budaya kita” pada saat pembukaan resmi. Kota ini telah menggantikan Stade Chaban-Delmas, yang merupakan tempat tuan rumah saat Perancis menggelar Piala Dunia 1938 dan 1998. Stadion ini akan menjadi tuan rumah lima laga Euro 2016, termasuk perempat final pada 2 Juli.

Nama                         : Stade de BordeauxKota                            BordeauxKapasitas                     : 42,000Tim Tuan Rumah         : FC Girondins de BordeauxUkuran                         : 105m x 68mSuhu Juni Rata-rata :19°C / 66°F

Secuil tentang Stade de Bordeaux

Nouveau Stade de Bordeaux terletak di dekat sungai Garonne di Bordeaux Utara. Pembukaan stadion pada 18 Mei 2015 tersebut, membuat para suporter Les Girondins seakan melupakan Stade Chaban-Delmas, yang sebelumnya menjadi markas Girondins Bordeaux sejak 1938.
Kendati masih berusia "muda", Nouveau Stade de Bordeaux sudah mencetak beberapa momen indah bagi masyarakat Bordeaux. Pada musim lalu, misalnya, para suporter berpesta setelah Bordeaux menang 2-1 atas Montpellier Herault, pada partai terakhir Ligue 1 2014-15.



Dibangun dengan total biaya sebesar 184 juta euro, Nouveau Stade de Bordeaux dirancang oleh salah satu firma terkenal di Eropa, Herzog & de Meuron. Mereka sebelumnya merupakan otak dibalik aura megah Allianz Arena yang menjadi markasBayern Munchen di Jerman.
Firma tersebut memang getol untuk memfasilitasi bangunan dengan teknologi top. Bagian atas stadion Nouveau Stade de Bordeaux, misalnya, yang dibentuk persegi plus dinding akustik yang ditujukan untuk membuat gema dukungan para suporter tak menguap di udara.



Tak hanya itu, mereka juga mendirikan 900 pasak yang menahan pondasi stadion. Pasak-pasak itu didesain dengan mengambil inspirasi dari hutan Landes yang terkenal diPrancis. Dengan kehadiran pasak ini, Nouveau Stade de Bordeaux pun terlihat "mengambang" di udara.
Penggunaan teknologi mutakhir tidak hanya terlihat di interior bangunan saja. Lapangan Nouveau Stade de Bordeaux juga dilapisi rumput AirFibr Hybrid, sejenis sintetis yang ditanam langsung sampai ke akar.



Selain diklaim tahan lama dari kerusakan, rumput AirFibr Hybrid juga memiliki teknologi yang tidak akan mengotori baju dan sepatu para pemain sepak bola yang bermain di dalam stadion. Rumput ini juga tidak akan menahan laju permainan karena ada gundukan tanah yang tak merata. 

Referensi : Bola.com
Share on Google Plus

About Micky R Saputra

Micky R Saputra... Penulis Amatiran dengan Sejumlah blog. Menyukai Sepakbola seperti dia menyukai pembantu tetangga yang body mantab jaya. Pernah menulis dengan bayaran Beras Jagung dan Rempah-rempah...

0 komentar:

Post a Comment