Stade Bollaert-Delelis


Sejak dibangun pada 1897, Parc des Princes telah dua kali direnovasi, yaitu pada 1932 dan 1972. Atas gagasan Qatar Sports Invesments (QSI), pemilik PSG, stadion ini sesungguhnya sedang dirombak sejak 2013 bermodalkan dana sebesar 75 juta euro. Akan tetapi, renovasi besarbesaran yang diinginkan Les Parisiens, termasuk penambahan kapasitas tempat duduk, belum bisa dijalankan.

Nama                         :Stade Bollaert-Delelis
Kota                           :Lens
Kapasitas                   :35,000
Tim Tuan Rumah       :RC Lens
Ukuran                       :105 x 68 m
Suhu Juni Rata-rata    :15°C / 66°F



Secuil tentang Stade Bollaert-Delelis

Awalnya dibangun tahun 1933, Stade Bollaert-Delelis telah mengalami perombakan signifikan untuk Euro 2016. Stadion ini dibangun oleh sekelompok penambang pengangguran dan awalnya dibuka tahun 1933.

Untuk menamainya, diambillah nama dua anak laki-laki yang terkenal di kota ini.

Felix Bollaert, mantan direktur Lens Mining Company, adalah aslinya sedangkan nama kedua baru ditambahkan tahun 2012 setelah kematian Andre Delelis, seorang walikota yang lama melayani Lens dan pendukung setia klub sepak bola kota ini.







Tempat ini dipandang sebagai salah satu stadion paling ikonik di Perancis dan menjadi tuan rumah laga Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1998 serta Piala Dunia Rugbi 2007.

Lens adalah rumah bagi sekitar 36.000 penduduk, hampir semuanya bisa masuk ke stadion sepakbola di kota ini.

Kota ini akan menjadi tuan rumah untuk empat laga Euro 2016, tiga laga selama penyisihan grup dan satu laga untuk 16 besar.

Pemandangan:
Museum Louvre-Lens adalah cabang dari museum Paris yang terkenal di dunia dengan nama yang sama dan dibuka tahun 2012 setelah Lens dipilih dari sejumlah daftar calon yang ingin menjadi tuan rumah cabang regional the Louvre.

Stasiun Kereta Api Lens bukanlah stasiun biasa. Gaya Art Deco menampilkan mosaik di sepanjang interiornya, dengan desain yang mewakili adegan kehidupan industri di seluruh dindingnya.

Kebun formal dari Fakultas Ilmu Jean-Perrin terletak di tempat yang sebelumnya menjadi kantor Lens Mining Company.

Timbunan terak kembar La Base dan 11/19 menawarkan pemandangan awet dari situs pertambangan dengan pithead, timbunan terak dan perumahan penambang di antara pameran paling mengesankan di empat situs awet warisan pertambangan di Nord-Pas-de -Calais.

Acara Terkenal:
Route du Louvre adalah marathon internasional yang diadakan oleh area bertetangga Lens dan Lille. Acara yang diawali tahun 2006 ini merupakan upaya untuk membawa semangat kedua area dan lomba ini diadakan setiap tahunnya di tengah suasana karnaval.

Pertandingan Berkesan:
RC Lens kini ada di lapis kedua liga Perancis, tapi pada 25 April 1998 mereka meraih satu-satunya gelar Ligue 1. Bastia adalah tim tamu yang sore itu menjalani laga terakhir kedua musim itu.

Striker Tony Vairelles mencetak hat-trick dan menghibur tuan rumah saat Lens menang 5-1 dan mereka meraih poin yang mereka butuhkan di hari terakhir musim untuk memenangkan gelar.

Itu adalah saat mengesankan bagi Lens, yang juga meraih Piala Prancis tahun 1998 dan mencapai semifinal Piala UEFA tahun 2000.






Penyisihan Grup Menonjol:
Inggris v Wales
Pertemuan dua negara bertetangga ini ditakdirkan menjadi salah satu pertandingan yang paling ditunggu-tunggu dari seluruh fase grup.

Wales akan kembali ke panggung besar yang telah lama mereka tunggu setelah 58 tahun, sementara itu Inggris ingin menghapus kenangan buruknya di Piala Dunia Brasil. Pertemuan mereka ini akan berlangsung menarik.




Referensi : bola.com, http://id.dafabetsports.com/
Share on Google Plus

About Micky R Saputra

Micky R Saputra... Penulis Amatiran dengan Sejumlah blog. Menyukai Sepakbola seperti dia menyukai pembantu tetangga yang body mantab jaya. Pernah menulis dengan bayaran Beras Jagung dan Rempah-rempah...

0 komentar:

Post a Comment